If You Need Assistance, Please Contact Our Marketing Staff at (021) 22260820 / +62812 8177 9981

CAPITAL CORP. SYDNEY

73 Ocean Street, New South Wales 2000, SYDNEY

Contact Person: Callum S Ansell
E: callum.aus@capital.com
P: (02) 8252 5319

WILD KEY CAPITAL

22 Guild Street, NW8 2UP,
LONDON

Contact Person: Matilda O Dunn
E: matilda.uk@capital.com
P: 070 8652 7276

LECHMERE CAPITAL

Genslerstraße 9, Berlin Schöneberg 10829, BERLIN

Contact Person: Thorsten S Kohl
E: thorsten.bl@capital.com
P: 030 62 91 92

If You Need Assistance, Please Contact Our Marketing Staff at (021) 22260820 / +62812 8177 9981

Ini Dia Beragam Fungsi Mobile Batching Plant dalam Dunia Konstruksi

Dalam konstruksi besar seperti pembangunan proyek besar, jembatan hingga jalan tol, dibutuhkan massa beton dengan kualitas terbaik dalam volume yang besar. Dalam pembuatannya, tentu saja melibatkan alat konstruksi besar untuk memproduksi beton secara cepat dengan kualitas terbaik. Alat inilah yang disebut dengan batching plant atau alat untuk mencampur material untuk membuat beton ready mix. Alat yang dibutuhkan juga bukan sembarangan mengingat kebutuhan beton pasti sangat besar. Batching plant sendiri merupakan tabung raksasa yang dipakai untuk mengaduk material dan menyalurkannya ke komponen lainnya. Menyebut batching plant, Anda bukan hanya menyebut satu atau dua komponen melainkan ada beberapa komponen dalam satu kesatuan. Namun untuk kebutuhan pembuatan beton kecil, batching plant bisa digantikan dengan mobile batching plant yang lebih kecil dan lebih mudah dibongkar pasang.

Seperti disebutkan tadi bahwa Batching Plant terdiri dari beberapa komponen atau suku cadang, yaitu:

  • Mixer atau tilt drum dan horizontal.
  • Cement batcher.
  • Agregat batcher.
  • Conveyor.
  • Radial stackers.
  • Aggregate bins.
  • Dust collector.
  • Cement bins.
  • Cement silos.
  • Batch plant control.
  • Chillers.

 

Dari beberapa komponen di atas, inti dari batching plant ataupun mobile batching plant adalah mixer. Di dalam tilt drum atau horizontal drum terdapat beberapa jenis mixer, antara lain:

  • Mixer tilt.

Mesin pengaduk dengan adukan konsisten dan tenaga kerja serta biaya perawatan yang minimal.

  • Twin salt mixer.

Merupakan jenis batching plant yang dipakai di Eropa dengan motor tenaga kuda yang tinggi menghasilkan campuran beton yang stabil.

  • Mixer pan.

Jenis mixer yang digunakan untuk wet mix plant.

  • Conveyor.

Memiliki fungsi membawa agregat dari gerbong tanah ke storage bin serta dari batch agregat ke mesin pengaduk.

  • Cement silo.

Merupakan wadah penyimpanan semen agar semen tidak mengalami penurunan kualitas.

 

Bagi Anda yang masih awam mengenai teknik konstruksi ini, berikut adalah apa yang terjadi di batching plant hingga menghasilkan adukan beton yang berkualitas:

  1. Diawali dari agregat feeding sistem yang merupakan tempat penyimpanan material baik kasar maupun halus untuk membuat beton, kecuali air. Dibantu oleh wheel loader, agregat yang dimasukkan tersebut dipisahkan berdasarkan ukurannya.
  2. Agregat diteruskan ke vibrating screen yang berfungsi sebagai penyaring dimana agregat terlalu besar atau kasar disingkirkan.
  3. Agregat diteruskan ke conveyor untuk diteruskan ke Pugmill mixing.
  4. Pugmill mixing merupakan komponen yang dibangun di atas tanah agar stabil dan digunakan untuk mencampur agregat yang telah diseleksi tadi.
  5. Sembari conveyor meneruskan agregat ke pugmill mixing, air dari water flow juga di semprotkan untuk membasahi agregat hingga sampai ke pugmill mixing.
  6. Semen dari silo akan ditambahkan ke mixer.
  7. Setelah terjadi mixing, conveyor membawa kembali hasil beton basah ke wet mix storage silo yang bisa menyimpan hingga 25 ton.
  8. Truk mengambil hasil loading dari wet mix storage silo untuk dibawa ke tempat pengecoran.

 

Metode kerja dari batching plant di atas, kurang lebih sama dengan metode yang dipakai oleh mobile batching plant. Bedanya, jika batching plant dibuat untuk proses produksi yang tetap atau permanen, sedangkan untuk jenis portable dibuat untuk kerja sementara. Portable batching plant dapat dipasang dalam 2 hari dan dibongkar kembali. Komponennya juga lebih sedikit dan kecil disesuaikan dengan kebutuhan volume beton yang akan dihasilkan.

Jika Anda saat ini sedang membutuhkan bahan beton untuk pembangunan atau konstruksi skala kecil, selain menggunakan mobile batching plant, Anda juga bisa memakai self loading mixer yaitu alat pengaduk material untuk membuat beton yang dapat berpindah tempat. Fungsinya sama dengan batching plant namun dengan model yang lebih kecil dan lebih portable. Self loading mixer dibuat dalam bentuk kendaraan 4×4 sehingga ia sendiri bisa dipindahkan dengan sangat mudah. Dengan alat ini, Anda bisa membuat beton di lokasi terpencil dengan tetap menghemat biaya transportasi karena beton yang dibutuhkan dibuat dekat dengan lokasi pengecoran.

Self loading mixer merupakan jawaban dari kebutuhan beton konstruksi dalam skala kecil dan menengah khususnya bagi Anda kontraktor yang tidak ingin membebani klien dengan biaya pembuatan mobile batching yang cukup besar. Self loading mixer bisa Anda dapatkan dengan cara menyewa karena sekarang ini sudah banyak persewaan alat berat yang bisa diandalkan untuk kebutuhan konstruksi khususnya di daerah yang jauh dari pusat kota.

Agar proses konstruksi berjalan dengan lancar dan tepat waktu, jangan memakai self loading mixer lain selain Carmix. Carmix merupakan merk pengaduk beton yang sangat terpercaya di dunia sehingga Anda tak perlu mempertanyakan kualitasnya. Carmix dapat mencampur material beton sesuai dengan mix desain yang dibuat dan menghasilkan campuran beton yang homogen. Untuk takarannya, Anda tak perlu khawatir karena Carmix sudah memiliki timbangan elektronik yang membantu untuk menjamin material yang dicampurkan sudah sesuai dengan mix desain yang digunakan.

Carmix self loading mixer merupakan mobile batching plant yang terbaik untuk konstruksi kecil dan menengah. Carmix sendiri memiliki beberapa tipe yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dimana kapasitas mixer drum berbeda-beda dari 3.400 liter hingga 5.500 liter. Tenaga mesin yang digunakan juga disesuaikan dengan kecepatan mixing sehingga Anda tak perlu khawatir akan lama menunggu hasil beton bagi pengguna Carmix berkapasitas besar. Keunggulan Carmix lainnya, antara lain:

  • Berbentuk kendaraan sehingga Carmix bisa dipindahkan dengan mudah, apalagi dengan roda off road memungkinkan Anda melakukan mixing di berbagai kondisi.
  • Dengan drum yang dapat diputar 360 derajat memungkinkan proses penuangan hasil beton yang lebih cepat tanpa membutuhkan tempat yang luas.
  • Memiliki mixer yang kuat untuk menghasilkan komponen beton yang homogen dalam waktu hanya 15 menit saja.
  • Merupakan alat pembuat sekaligus pengangkut beton karena dapat di kemudikan menuju lokasi pengecoran sehingga Anda tidak perlu mempekerjakan banyak orang untuk mengangkut secara manual.
  • Mesin mixer dapat terus berjalan meski mesin juga sedang melakukan penuangan beton jadi.
  • Memiliki banyak tipe yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Spare part tersedia dengan luas dan mudah untuk layanan purna jual.

Membuat bangunan atau konstruksi lain di lokasi pelosok ataupun membuka lahan baru, Anda bisa meminimalisir budget yang dibutuhkan. Tak perlu membangun mobile batching plant dengan biaya yang mahal karena fungsinya bisa digantikan oleh Carmix Self Loading Mixer. Ada beberapa kapasitas dump yang dapat Anda andalkan untuk membuat campuran beton siap pakai dan sekaligus sebagai alat pengangkut untuk menuangkannya ke dalam lokasi pengecoran secara langsung.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki Carmix, Anda bisa langsung menghubungi team marketing kami untuk mendapatkan informasi produk dan harga produk Carmix yang kami tawarkan [Klik di sini untuk menghubungi]